DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain design yg diproduksi memakekan cara die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan logam atau logam bakal selanjutnya dituang dan dicetak pantas dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman
Bahan
Metal yg digunakan lazimnya yaitu zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lazim memakekan tutorial die casting umumnya adalah mainan jenis dengan skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun dapat diproses dgn arahan ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat serupa keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yg sangat bagus kalau kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan lbh pendapatan dari menekuni usaha versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat bersama melakukan jual-beli, pertukaran uang di pencaharian mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini bisa menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman
Harga
Harga juga amat bervariasi dengan condong berubah tinggi, terlebih amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila tipe versi mini tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tapi buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast dpt menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata minat kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, semacam saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Aman

LihatTutupKomentar