DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain model yang diproduksi menggunakan metode die-casting, yang berarti melalui metode pelelehan logam dengan kata lain logam bagi lalu dituang & dicetak pantas dgn model yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua
Bahan
Metal yg dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg umum memakaikan aturan die casting kebanyakan adalah mainan model dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun mampu diciptakan dengan arahan ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memiliki price ekonomi yg amat bagus kalo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh extra gaji dari menekuni bisnis versi mini ini. Malahan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat & mengerjakan jual-beli, aliran uang di karier mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua
Harga
Value juga amat berupa-rupa & mengarah menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tetapi buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn minat kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaradua

LihatTutupKomentar