DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menggunakan kaidah die-casting, yg bermakna menggunakan cara pelelehan logam alias logam buat sesudahnya dituang serta dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi
Bahan
Logam yang diperlukan umumnya adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakekan bimbingan die casting biasanya yakni mainan jenis dengan skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun sanggup diciptakan dgn pola ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat seperti keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak concern kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun memiliki price ekonomi yg amat bagus kalau kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh pelengkap income dari menekuni profesi miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dan melaksanakan jual-beli, aliran uang di usaha mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual membeli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi
Harga
Harga juga amat beragam dengan miring menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia minat yg 1 ini. Tapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dpt berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari semata-mata demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi

DIECAST MINIATUR MOBIL Muaro Jambi

LihatTutupKomentar