DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias tipe yang diproduksi memakaikan panduan die-casting, yg berarti memakai cara pelelehan metal dengan kata lain metal utk lalu dituang dan dicetak setakar dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Bahan
Metal yang dipakai lazimnya ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang biasa memakekan tips-tips die casting lazimnya adalah mainan model dengan ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dapat dibuat dengan aturan ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun memiliki nilai ekonomi yang amat bagus bila kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh tambahan income dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama memperbuat jual-beli, pertukaran uang di pekerjaan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi baik jual belanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dengan berat menjelma tinggi, terlebih amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur mampu menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn senang kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

LihatTutupKomentar