DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias jenis yang diproduksi menggunakan proses die-casting, yg berarti lewat metode pelelehan metal alias metal bakal setelah itu dituang dengan dicetak bertimbal dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Bahan
Logam yg diperlukan lazimnya yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg normal menggunakan langkah die casting kebanyakan ialah mainan model dengan size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dpt diproduksi dengan teknik ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan extra pendapatan dari menekuni karier modeling ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, hingga dgn terlibat & menjalankan jual-beli, rotasi uang di karier mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Harga
Nilai juga sangat bervariasi beserta cenderung menjelma tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila tipe modeling tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia gemar yg satu ini. Namun buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast dapat menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merongrong kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan aneka tips apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, semacam saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

DIECAST MINIATUR MOBIL Nagekeo

LihatTutupKomentar