DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... karna anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau rupa yg diproduksi menggunakan aneka tips die-casting, yg berarti menggunakan prosedur pelelehan logam alias logam bagi lalu dituang & dicetak sinkron dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik
Bahan
Logam yang dipakai kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg standar menggunakan teknik die casting rata-rata merupakan mainan jenis dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun bisa dibuat dengan tutorial ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh ekstra upah dari menekuni bisnis diecast ini. Bahkan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, perpindahan uang di profesi mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positive jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs diecast yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini sanggup sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik
Harga
Nilai juga amat bervariasi & menjurus berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo tipe modeling tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai modeling dapat berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

DIECAST MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

LihatTutupKomentar