DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau rupa yg diproduksi menerapkan sistem die-casting, yang bermakna lewat operasi pelelehan logam dengan kata lain logam bagi selanjutnya dituang & dicetak bertimbal dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga
Bahan
Metal yang dipakai kebanyakan adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang biasa menerapkan cara die casting umumnya merupakan mainan rupa dengan skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dgn petunjuk ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima lbh pendapatan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Malahan byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga
Harga
Harga juga sangat beragam & cenderung berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika desain diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga

DIECAST MINIATUR MOBIL Nduga

LihatTutupKomentar