DIECAST MINIATUR MOBIL Negara

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias desain yang diproduksi memakaikan metode die-casting, yang bermakna memakai sistem pelelehan metal dgn kata lain metal buat setelah itu dituang serta dicetak bertimbal dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara
Bahan
Metal yg digunakan rata-rata merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang umum menggunakan langkah die casting umumnya yakni mainan model dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat dibuat dgn cara ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh harga ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lbh gaji dari menekuni pencaharian modeling ini. Sampai-Sampai banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat & mengerjakan jual-beli, perputaran uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa bersama mengarah menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila desain modeling tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yg satu ini. Namun buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur sanggup menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma minat kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, seperti saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara

DIECAST MINIATUR MOBIL Negara

LihatTutupKomentar