DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi menerapkan aturan die-casting, yg berarti lewat prosedur pelelehan logam dengan kata lain logam bakal setelah itu dituang dengan dicetak setakar dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Bahan
Metal yg dipake biasanya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yg jamak menggunakan panduan die casting kebanyakan adalah mainan rupa dgn size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun sanggup diurus dengan kaidah ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt serupa keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi memiliki value ekonomi yg amat bagus kalau kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap nafkah dari menekuni profesi versi mini ini. Malahan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, aliran uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positive jual beli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Harga
Nilai juga sangat beragam beserta miring menjelma tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila tipe modeling tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini mampu berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

DIECAST MINIATUR MOBIL Parepare

LihatTutupKomentar