DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain model yang diproduksi memakekan tips-tips die-casting, yang bermakna memakai sistem pelelehan metal atau logam bagi setelah itu dituang bersama dicetak setakar dengan model yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso
Bahan
Metal yg diperlukan biasanya yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakaikan langkah die casting lazimnya merupakan mainan design dengan ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dpt diurus dgn bimbingan ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa seperti keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tidak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mempunyai value ekonomi yang amat bagus kalo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima tambahan pendapatan dari menekuni usaha modeling ini. Malahan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melaksanakan jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso
Harga
Harga juga amat bermacam-macam dengan miring berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila model diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, serupa saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso

DIECAST MINIATUR MOBIL Ploso

LihatTutupKomentar