DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau design yang diproduksi menggunakan metode die-casting, yg berarti menggunakan sistem pelelehan metal atau metal untuk setelah itu dituang dan dicetak pantas dgn rupa yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Bahan
Metal yang dipake rata-rata yaitu zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakaikan arahan die casting kebanyakan merupakan mainan design dgn skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dpt diproduksi dengan aturan ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa semacam keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak peduli jika diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), namun memperoleh harga ekonomi yang amat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh pelengkap nafkah dari menekuni karier miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dan menjalankan jual-beli, peredaran uang di pekerjaan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli bagus jual belanja ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dpt mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa serta mengarah menjelma tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila model versi mini tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Pramuka

LihatTutupKomentar