DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta dengar dong merk yang pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias jenis yg diproduksi menggunakan cara die-casting, yg bermakna menggunakan metode pelelehan metal dgn kata lain logam utk selanjutnya dituang serta dicetak bertimbal dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Bahan
Logam yg dipakai rata-rata adalah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang lazim menerapkan metode die casting kebanyakan merupakan mainan jenis dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun bisa diproduksi dengan tips-tips ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak concern k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yang amat bagus k'lo kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan komplemen mata pencaharian dari menekuni karier diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, hingga dgn terlibat & menjalani jual-beli, rotasi uang di karier mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual beli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Harga
Nilai juga amat bervariasi dan berat berubah tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau design modeling tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast sanggup berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hyn suka kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan tips-tips apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

LihatTutupKomentar