DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau jenis yang diproduksi menerapkan teknik die-casting, yg bermakna menggunakan proses pelelehan metal atau metal buat lantas dituang dan dicetak bertimbal dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Bahan
Metal yang diperlukan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg biasa menerapkan tutorial die casting umumnya merupakan mainan model dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun dapat diproduksi dengan aneka tips ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yang amat bagus kalau kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan komplemen gaji dari menekuni karier versi mini ini. Terlebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melakukan jual-beli, pertukaran uang di karier mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual pesan ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Harga
Harga juga amat berupa-rupa serta menjurus menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila model versi mini tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Namun bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai modeling sanggup menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

DIECAST MINIATUR MOBIL Ransiki

LihatTutupKomentar