DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain jenis yg diproduksi menerapkan panduan die-casting, yg bermakna memakai cara pelelehan logam dengan kata lain logam untuk lantas dituang dan dicetak pantas dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat
Bahan
Metal yg dipake lazimnya ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg regular menerapkan strategi die casting kebanyakan ialah mainan model dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun sanggup diproses dengan pola ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pd jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima lbh income dari menekuni bisnis diecast ini. Malahan byk yang dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dengan menjalankan jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat
Harga
Price juga amat bermacam-macam beserta menjurus menjadi tinggi, terlebih amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo rupa modeling tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Tapi utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur sanggup menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat

DIECAST MINIATUR MOBIL Rantau Prapat

LihatTutupKomentar