DIECAST MINIATUR MOBIL Seba

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi menggunakan prosedur die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan logam atau logam untuk setelah itu dituang dengan dicetak sebati dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba
Bahan
Metal yg dipegunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang regular menggunakan manual die casting kebanyakan yaitu mainan rupa dgn skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dpt diurus dengan program ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yg sangat bagus kalo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima pelengkap salary dari menekuni bisnis versi mini ini. Lebih-Lebih byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, aliran uang di profesi mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba
Harga
Nilai juga amat beragam beserta miring menjadi tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika tipe diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia senang yg 1 ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling dapat menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun minus merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba

DIECAST MINIATUR MOBIL Seba

LihatTutupKomentar