DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain design yang diproduksi menerapkan aturan die-casting, yg bermakna lewat proses pelelehan metal dengan kata lain logam utk selanjutnya dituang serta dicetak pantas dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Bahan
Metal yg dipegunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg biasa memakaikan arahan die casting biasanya merupakan mainan model dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun sanggup dirancang dengan pola ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak concern k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yang sangat bagus k'lo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lbh mata pencaharian dari menekuni penghidupan diecast ini. Bahkan banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalani jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Harga
Nilai juga sangat beragam serta cenderung menjadi tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling bisa berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata demen kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

DIECAST MINIATUR MOBIL Selong

LihatTutupKomentar