DIECAST MINIATUR MOBIL Serang

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta denger dong merk yang pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias rupa yg diproduksi memakekan petunjuk die-casting, yang bermakna menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain logam utk lalu dituang beserta dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang
Bahan
Logam yg dipegunakan umumnya yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang regular memakaikan cara die casting lazimnya yaitu mainan model dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun bisa dibuat dengan teknik ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan pelengkap mata pencaharian dari menekuni karier miniatur ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, liquiditas uang di bisnis mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual beli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang
Harga
Harga juga sangat beragam beserta condong berubah tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo rupa versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan petunjuk apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang

DIECAST MINIATUR MOBIL Serang

LihatTutupKomentar