DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias model yg diproduksi menggunakan pola die-casting, yang berarti melalui metode pelelehan logam atau logam bakal lalu dituang & dicetak bertimbal dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo
Bahan
Logam yang dipakai umumnya merupakan zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang jamak menerapkan panduan die casting biasanya yaitu mainan design dengan skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun mampu diproses dgn sistem ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup semacam keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus kalau kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh ekstra penghasilan dari menekuni pencaharian diecast ini. Terlebih byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat serta melakukan jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual beli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo
Harga
Price juga sangat bermacam-macam & cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika rupa diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur sanggup menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hyn gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo

DIECAST MINIATUR MOBIL Sidotopo

LihatTutupKomentar