DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & dengar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi menggunakan cara die-casting, yg bermakna menggunakan sistem pelelehan logam alias metal buat lantas dituang bersama dicetak setakar dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Bahan
Metal yang diperlukan biasanya adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang jamak menggunakan tips die casting umumnya yakni mainan design dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun mampu diproses dgn program ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat seperti keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus bila kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima komplemen mata pencaharian dari menekuni bisnis diecast ini. Malahan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat & menjalani jual-beli, rotasi uang di penghidupan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa & condong menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo model versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia minat yang satu ini. Tapi bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur sanggup menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah menyusahkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn suka kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

LihatTutupKomentar