DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta denger dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakekan tutorial die-casting, yg berarti melalui sistem pelelehan metal alias metal utk setelah itu dituang beserta dicetak setakar dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi
Bahan
Logam yang diperlukan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg lazim memakekan tutorial die casting biasanya adalah mainan desain dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun bisa dikerjakan dgn aturan ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus jika kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima extra gaji dari menekuni usaha modeling ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dengan terlibat beserta melakukan jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positif jual belanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa & menjurus berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo desain miniatur tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia minat yg 1 ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling dpt menjelma sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa merintangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuma demen kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi

DIECAST MINIATUR MOBIL Sukabumi

LihatTutupKomentar