DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau jenis yg diproduksi memakekan cara die-casting, yg berarti melalui prosedur pelelehan logam alias logam utk lantas dituang beserta dicetak sebati dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Bahan
Metal yang dipegunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg lumrah menggunakan petunjuk die casting biasanya adalah mainan desain dgn size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat diproduksi dengan arahan ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh komplemen upah dari menekuni profesi diecast ini. Terlebih byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, aliran uang di penghidupan mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi positive jual pesan maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yang dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Harga
Value juga sangat bermacam-macam & menjurus berubah tinggi, malahan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau model modeling tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

DIECAST MINIATUR MOBIL Takalar

LihatTutupKomentar