DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain desain yg diproduksi memakekan arahan die-casting, yang berarti melalui sistem pelelehan logam dgn kata lain metal bagi kemudian dituang bersama dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg standar memakekan langkah die casting umumnya adalah mainan rupa dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun mampu diproses dgn langkah ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak care jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yg amat bagus bila kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima tambahan salary dari menekuni pencaharian miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dengan menjalani jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari
Harga
Harga juga amat beragam beserta mengarah menjadi tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Namun utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur dpt menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanjungsari

LihatTutupKomentar