DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias model yg diproduksi menerapkan tata cara die-casting, yg bermakna memakai teknik pelelehan metal dgn kata lain metal buat setelah itu dituang beserta dicetak pantas dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya
Bahan
Logam yang diperlukan biasanya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa menggunakan tips die casting biasanya yakni mainan desain dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun bisa diurus dgn metode ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yg amat bagus kalau kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima lbh penghasilan dari menekuni profesi miniatur ini. Malahan banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di pekerjaan mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya
Harga
Harga juga sangat beragam beserta cenderung menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun bila desain diecast tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Tetapi utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini sanggup menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Tasikmalaya

LihatTutupKomentar