DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau model yg diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yang bermakna lewat metode pelelehan metal dgn kata lain logam bagi lantas dituang & dicetak sebati dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Bahan
Logam yg diperlukan umumnya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yang standar memakekan bimbingan die casting kebanyakan yakni mainan rupa dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun mampu dirancang dengan bimbingan ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus kalo kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan ekstra income dari menekuni profesi diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dan menjalani jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi baik jual belanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Harga
Value juga amat bervariasi beserta berat menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo rupa miniatur tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Namun bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini dapat berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman minat kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

LihatTutupKomentar