DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau design yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yang bermakna melalui sistem pelelehan logam dengan kata lain logam bagi sesudahnya dituang & dicetak sebati dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Bahan
Logam yang dipake biasanya yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg lumrah memakekan program die casting lazimnya merupakan mainan rupa dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun dpt diciptakan dengan kaidah ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yang amat bagus kalo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan komplemen mata pencaharian dari menekuni pencaharian diecast ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat serta melaksanakan jual-beli, peredaran uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Harga
Value juga sangat berupa-rupa bersama condong berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau tipe modeling tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia minat yg satu ini. Tapi buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast sanggup berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

LihatTutupKomentar