DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau tipe yg diproduksi memakaikan program die-casting, yg berarti menggunakan metode pelelehan metal dgn kata lain logam bagi selanjutnya dituang dengan dicetak sesuai dengan model yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai
Bahan
Logam yg digunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yg standar menerapkan petunjuk die casting lazimnya adalah mainan design dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun dpt diproduksi dengan teknik ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern kalo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memperoleh price ekonomi yg amat bagus kalo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan lebih pendapatan dari menekuni karier modeling ini. Malahan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, rotasi uang di usaha mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positif jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai
Harga
Harga juga amat berupa-rupa bersama menjurus berubah tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila model miniatur tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling sanggup menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kesenangan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan prosedur apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai

DIECAST MINIATUR MOBIL Waisai

LihatTutupKomentar