DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yang diproduksi memakekan sistem die-casting, yang bermakna melalui teknik pelelehan logam dgn kata lain logam buat sesudahnya dituang dan dicetak serasi dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Bahan
Metal yg dipegunakan lazimnya yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang lumrah menggunakan aneka tips die casting umumnya yakni mainan jenis dengan size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun mampu diproses dengan metode ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak concern kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg amat bagus kalo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima lbh pendapatan dari menekuni pencaharian diecast ini. Malahan banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dengan mengerjakan jual-beli, pergantian uang di pencaharian mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi baik jual belanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Harga
Price juga sangat bervariasi dan cenderung menjelma tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo rupa modeling tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Tapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast dpt berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya kesukaan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan strategi apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

DIECAST MINIATUR MOBIL Wamena

LihatTutupKomentar