DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yang diproduksi menggunakan langkah die-casting, yg berarti menggunakan operasi pelelehan logam alias logam bagi selanjutnya dituang dan dicetak pantas dgn tipe yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Bahan
Metal yg diperlukan kebanyakan yakni zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg regular menggunakan cara die casting biasanya merupakan mainan tipe dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat diurus dgn tips-tips ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt semacam keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pd rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima tambahan upah dari menekuni karier versi mini ini. Bahkan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa dengan condong menjelma tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila design miniatur tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Namun bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur bisa berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar kesukaan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wangi-Wangi

LihatTutupKomentar