DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau serta mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau design yang diproduksi menggunakan program die-casting, yg berarti melalui teknik pelelehan metal alias logam untuk sesudahnya dituang serta dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Bahan
Logam yg dipakai lazimnya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal menggunakan tips die casting lazimnya yaitu mainan tipe dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun mampu dirancang dgn manual ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yang amat bagus k'lo kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lebih mata pencaharian dari menekuni profesi diecast ini. Terlebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari karier versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melaksanakan jual-beli, peredaran uang di profesi mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Harga
Value juga amat beragam dengan mengarah menjadi tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo rupa modeling tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yg satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini mampu berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

LihatTutupKomentar