DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yg pertama... karna anak2 pria selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain jenis yg diproduksi memakaikan teknik die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan logam atau logam utk selanjutnya dituang dan dicetak serasi dengan model yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Bahan
Logam yang digunakan umumnya yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg lumrah menggunakan aturan die casting lazimnya ialah mainan jenis dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa diproduksi dgn proses ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan value ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lebih penghasilan dari menekuni karier diecast ini. Sampai-Sampai banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dengan mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual pesan ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Harga
Value juga amat beragam & cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau model modeling tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia gemar yg satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai modeling mampu menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah menghalangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

DIECAST MINIATUR MOBIL Weda

LihatTutupKomentar