DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau rupa yg diproduksi menerapkan arahan die-casting, yg berarti memakai teknik pelelehan logam atau metal untuk kemudian dituang & dicetak serasi dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Bahan
Logam yang dipegunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yg umum memakaikan aneka tips die casting kebanyakan merupakan mainan rupa dengan size ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dapat diproses dgn prosedur ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak concern bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus kalo kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan komplemen pendapatan dari menekuni penghidupan modeling ini. Sampai-Sampai banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta mengerjakan jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Harga
Nilai juga sangat bervariasi bersama condong menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau model versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia minat yg 1 ini. Namun buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur sanggup menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

DIECAST MINIATUR MOBIL Wiyung

LihatTutupKomentar