DIECAST MINIATUR MOBIL Baa

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi menerapkan aneka tips die-casting, yang bermakna memakai teknik pelelehan metal atau metal bakal lantas dituang & dicetak pantas dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa
Bahan
Logam yang digunakan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakaikan cara die casting lazimnya merupakan mainan desain dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun bisa dikerjakan dgn aturan ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun memperoleh value ekonomi yg sangat bagus kalau kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan extra income dari menekuni pekerjaan modeling ini. Malahan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama mengerjakan jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi bagus jual pesan maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs diecast yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa
Harga
Price juga amat beragam dan miring berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika model miniatur tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia senang yg satu ini. Tapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur mampu berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan pola apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, semacam penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa

DIECAST MINIATUR MOBIL Baa

LihatTutupKomentar