DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta dengar dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau tipe yg diproduksi menggunakan tips die-casting, yang bermakna melalui prosedur pelelehan metal alias logam bakal selanjutnya dituang dan dicetak setakar dengan model yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan
Bahan
Logam yang dipake kebanyakan adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg standar menerapkan tutorial die casting kebanyakan adalah mainan tipe dengan skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun sanggup diproses dgn arahan ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh komplemen nafkah dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Lebih-Lebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, perputaran uang di usaha mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini mampu sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan
Harga
Value juga sangat beragam dan menjurus menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau model modeling tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Tapi untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar suka kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkalan

LihatTutupKomentar