DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau design yang diproduksi memakaikan petunjuk die-casting, yang bermakna melalui teknik pelelehan logam dgn kata lain metal untuk lantas dituang dengan dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Bahan
Metal yg digunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg standar menggunakan proses die casting biasanya ialah mainan model dgn skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun sanggup diproduksi dengan teknik ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus kalo kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan tambahan penghasilan dari menekuni karier diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dan melakukan jual-beli, perputaran uang di bisnis mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Harga
Nilai juga sangat beragam serta mengarah menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo design versi mini tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur bisa menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

LihatTutupKomentar