DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau jenis yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yang berarti melalui cara pelelehan logam atau metal buat kemudian dituang dengan dicetak pantas dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Bahan
Metal yg digunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yang normal memakaikan tips die casting umumnya yakni mainan jenis dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun sanggup diproses dgn teknik ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus kalau kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima lebih income dari menekuni pekerjaan diecast ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dan menjalani jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Harga
Nilai juga amat beragam dengan cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur bisa menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn minus memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hanya kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

LihatTutupKomentar