DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan aturan die-casting, yang bermakna lewat sistem pelelehan logam alias logam bakal lantas dituang serta dicetak pantas dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali
Bahan
Metal yg digunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang regular menggunakan petunjuk die casting lazimnya yakni mainan rupa dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dpt dikerjakan dengan manual ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg amat bagus kalau kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan komplemen salary dari menekuni karier miniatur ini. Terlebih banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat serta melakukan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positif jual membeli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dengan cenderung menjadi tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo design versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia minat yg satu ini. Tapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini sanggup menjelma sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali

DIECAST MINIATUR MOBIL Boyolali

LihatTutupKomentar