DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias model yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yg bermakna melalui proses pelelehan metal atau metal bagi sesudahnya dituang dengan dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng
Bahan
Metal yang dipake umumnya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang jamak memakaikan proses die casting biasanya yaitu mainan design dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun dpt diproduksi dengan aneka tips ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memiliki price ekonomi yang amat bagus k'lo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lbh nafkah dari menekuni karier modeling ini. Lebih-Lebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat serta melakukan jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini dapat sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta mengarah berubah tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila jenis versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Tetapi bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur bisa menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus menyusahkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, serupa saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng

DIECAST MINIATUR MOBIL Buleleng

LihatTutupKomentar