DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau tipe yg diproduksi memakaikan strategi die-casting, yang berarti menggunakan prosedur pelelehan logam dengan kata lain logam bagi sesudahnya dituang & dicetak sesuai dgn tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Bahan
Logam yg dipake umumnya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg normal memakaikan manual die casting lazimnya merupakan mainan model dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun mampu dibuat dgn sistem ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pd rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan lbh nafkah dari menekuni karier versi mini ini. Terlebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat dengan melaksanakan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam dan miring berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Namun untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dapat menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

LihatTutupKomentar