DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menerapkan bimbingan die-casting, yang bermakna lewat operasi pelelehan metal alias logam bagi kemudian dituang beserta dicetak bertimbal dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Bahan
Metal yg dipegunakan biasanya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg umum memakekan proses die casting rata-rata ialah mainan model dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dpt diproses dgn metode ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh value ekonomi yg amat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh extra upah dari menekuni pencaharian versi mini ini. Terlebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari karier diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dan melakukan jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Harga
Harga juga sangat beragam serta miring berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau jenis diecast tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dapat berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuman minat kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

DIECAST MINIATUR MOBIL Caruban

LihatTutupKomentar