DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta dengar dong merk yg pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias desain yang diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yg berarti memakai sistem pelelehan logam atau logam utk selanjutnya dituang beserta dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Bahan
Logam yg digunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum menerapkan pola die casting rata-rata yakni mainan desain dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun mampu diciptakan dgn tips-tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu semacam keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang sangat bagus jika kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima ekstra salary dari menekuni bisnis versi mini ini. Bahkan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi miniatur ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat & menjalani jual-beli, peredaran uang di bisnis mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Harga
Harga juga amat bervariasi beserta miring menjadi tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila desain versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Namun bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling sanggup menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma kesukaan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

DIECAST MINIATUR MOBIL Dogiyai

LihatTutupKomentar