DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain rupa yang diproduksi memakekan arahan die-casting, yang bermakna memakai prosedur pelelehan metal alias metal bagi selanjutnya dituang beserta dicetak bertimbal dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Bahan
Logam yg dipegunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yang jamak memakekan petunjuk die casting kebanyakan adalah mainan rupa dgn size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun mampu dirancang dengan prosedur ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa serupa keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak care bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yang sangat bagus kalo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh komplemen gaji dari menekuni penghidupan modeling ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari profesi miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, liquiditas uang di bisnis mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Harga
Nilai juga sangat beragam bersama condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai versi mini dapat menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

DIECAST MINIATUR MOBIL Embong Kaliasin

LihatTutupKomentar