DIECAST MINIATUR MOBIL Garut

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain design yg diproduksi menggunakan aturan die-casting, yang berarti lewat proses pelelehan logam dengan kata lain metal untuk selanjutnya dituang dengan dicetak sebati dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut
Bahan
Metal yang diperlukan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lazim memakekan prosedur die casting biasanya ialah mainan design dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun bisa diproses dgn program ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus k'lo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lebih nafkah dari menekuni profesi miniatur ini. Terlebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, perputaran uang di karier mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi baik jual beli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa & condong menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika rupa versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yg satu ini. Tapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini bisa menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut

DIECAST MINIATUR MOBIL Garut

LihatTutupKomentar