DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain design yg diproduksi menerapkan program die-casting, yg bermakna lewat teknik pelelehan metal atau metal untuk sesudahnya dituang & dicetak bertimbal dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih
Bahan
Logam yang diperlukan rata-rata yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular memakaikan metode die casting kebanyakan merupakan mainan rupa dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun sanggup diproduksi dengan tutorial ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak concern bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mempunyai value ekonomi yang sangat bagus kalo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima lebih penghidupan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Terlebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dengan menjalani jual-beli, perpindahan uang di karier mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi positif jual membeli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih
Harga
Value juga sangat beragam dan miring menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yang satu ini. Namun bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling mampu menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya suka kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan sistem apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gebang Putih

LihatTutupKomentar