DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan cara die-casting, yang berarti menggunakan operasi pelelehan metal dgn kata lain logam bagi lantas dituang & dicetak sinkron dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan yakni zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang biasa memakekan panduan die casting umumnya merupakan mainan desain dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun bisa dikerjakan dgn prosedur ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus bila kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan tambahan honor dari menekuni karier modeling ini. Bahkan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, peredaran uang di bisnis mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara
Harga
Nilai juga amat bervariasi bersama berat menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo jenis modeling tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai modeling sanggup berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo Utara

LihatTutupKomentar