DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yg pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi memakekan teknik die-casting, yang berarti melalui sistem pelelehan metal dengan kata lain logam bagi sesudahnya dituang dan dicetak setakar dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik
Bahan
Metal yg dipake umumnya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yg umum menggunakan tips die casting biasanya yaitu mainan model dgn size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun sanggup dirancang dgn langkah ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak concern kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus bila kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan tambahan income dari menekuni penghidupan diecast ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dan menjalankan jual-beli, pertukaran uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik
Harga
Harga juga sangat bervariasi beserta condong menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo rupa diecast tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai versi mini dpt menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik

DIECAST MINIATUR MOBIL Gresik

LihatTutupKomentar