DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta denger dong merk yg pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi memakaikan petunjuk die-casting, yang bermakna menggunakan teknik pelelehan metal alias metal untuk setelah itu dituang & dicetak serasi dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Bahan
Metal yg dipake umumnya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yg biasa menggunakan tips die casting lazimnya adalah mainan tipe dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan pola ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dgn istilahnya, karena mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yang sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan lbh salary dari menekuni penghidupan versi mini ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, pertukaran uang di pencaharian mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual membeli maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dpt mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Harga
Value juga sangat berupa-rupa serta condong berubah tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau jenis miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia minat yg satu ini. Tapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast sanggup berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan aturan apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

LihatTutupKomentar