DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & dengar dong merk yg pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi memakaikan bimbingan die-casting, yg bermakna memakai sistem pelelehan metal dgn kata lain logam bagi setelah itu dituang beserta dicetak serasi dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal
Bahan
Logam yang dipake kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yg normal memakekan aneka tips die casting biasanya yakni mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu diciptakan dengan aturan ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu serupa keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus bila kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima komplemen penghidupan dari menekuni profesi miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama melakukan jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal
Harga
Harga juga sangat bervariasi bersama menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo model diecast tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tetapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast bisa berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak pake mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal

DIECAST MINIATUR MOBIL Jajar Tunggal

LihatTutupKomentar