DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias model yang diproduksi memakaikan langkah die-casting, yang berarti memakai metode pelelehan metal dengan kata lain metal untuk sesudahnya dituang dengan dicetak serasi dgn model yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara
Bahan
Logam yg dipakai kebanyakan adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa menggunakan petunjuk die casting biasanya yaitu mainan model dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun dapat dibuat dengan kaidah ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt serupa keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yg amat bagus jika kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan extra mata pencaharian dari menekuni penghidupan versi mini ini. Lebih-Lebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melaksanakan jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara
Harga
Nilai juga sangat bervariasi serta menjurus menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling mampu menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu menghalangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn suka kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara

DIECAST MINIATUR MOBIL Jepara

LihatTutupKomentar