DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakaikan kaidah die-casting, yg bermakna memakai metode pelelehan metal dgn kata lain metal buat kemudian dituang bersama dicetak serasi dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Bahan
Logam yg diperlukan lazimnya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang normal menggunakan kaidah die casting kebanyakan yaitu mainan jenis dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dpt dikerjakan dengan teknik ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dgn istilahnya, krn mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan lbh upah dari menekuni karier diecast ini. Terlebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari karier modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dan menjalani jual-beli, peredaran uang di profesi mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positive jual belanja ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yang dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam serta menjurus menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design miniatur tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia suka yg satu ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai miniatur dapat menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuman demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan proses apa kita mau menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

DIECAST MINIATUR MOBIL Kotabaru

LihatTutupKomentar