DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu


DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau model yang diproduksi menggunakan tutorial die-casting, yg bermakna melalui sistem pelelehan logam alias logam buat lalu dituang & dicetak sesuai dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu
Bahan
Logam yang digunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang normal memakekan aturan die casting rata-rata ialah mainan jenis dengan skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dpt dibuat dengan prosedur ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa semacam keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma buat para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), namun memiliki value ekonomi yg amat bagus jika kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima lbh penghasilan dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Bahkan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta memperbuat jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu
Harga
Value juga amat bermacam-macam dan miring berubah tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila design diecast tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Namun buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai modeling sanggup menjelma sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn senang kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, serupa saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuhanbatu

LihatTutupKomentar